Antena Pengumpul Energi Listrik dari Gelombang Elektromagnetik di Udara





Terrlihat dari gambar diatas, seorang pria membawa dua lembar kertas yang jika dilihat sekilas itu hanyalah kertas biasa. Namun, sebenarya pria bernama Manos Tentzeris tersebut ialah seorang Ilmuwan menciptakan antena yang dapat mengumpulkan energi listrik dari gelombang elektromagnet di udara sekitar kita. Ukuran antena tersebut hanya setebal kertas.
Angin ialah salah satu sumber daya alam yang dapat dijadikan sebagai sumber energi listrik. Tapi bagaimana dengan udara statis? Siapa yang bilang udara statis tidak mengandung energi?
Ternyata udara sekitar kita dipenuhi gelombang energi elektromagnet dari berbagai jaringan telekomunikasi ponsel, satelit, maupun radio. Gelombang ini adalah sumber listrik.
Manos Tentzeris, dari Georgia Tech’s School of Electrical and Computer Engineering, menciptakan antena yang bisa menangkap energi dari udara sekitar kita.
“Ada banyak energi elektromagnetik di sekitar kita, tapi belum ada yang berusaha mengolahnya,” ujar Manos Tentzeris, seperi dikutip dari Inhabitat.
Antena tersebut berupa kertas ciptaannya berupa kertas dan bahan polimer tipis yang dapat menangkap gelombang frekuensi sebesar 100 MHz hingga 15 GHz. Alatnya itu kemudian menyimpan energi dalam kapasitor dan baterai.
Energi yang tersimpan dapat digunakan untuk menghidupkan perangkat komunnikasi nirkabel, prosesor komputer, dan perangkat elektronik lain.




Share your views...

0 Respones to "Antena Pengumpul Energi Listrik dari Gelombang Elektromagnetik di Udara"

Poskan Komentar

©2011 Najih Andrianto. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

About Me

Foto Saya
Najih Andrianto
Lihat profil lengkapku

Followers

Popular posts

© 2010 Najih Andrianto site's All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info