kotoran_sapiskema_pengolah_biogasGunung kidul merupakan gudang ternak sapi dan kambing.Usaha ini selain menghasilkan daging sapi atau kambing juga menghasilkan kotoran yang bisa dijadikan komoditi untuk rabuk dan juga dimanfaatkan sebagai sumber energi dengan sistim biogas.
Biogas adalah gas pembusukan bahan organik oleh bakteri pada kondisi Anaerob.Bio Gas yang sering juga disebut Gas Bio ,merupakan campuran berbagai gas antara lain :CH 4 ( 54-70%),CO2 ( 27-45%),O2 ( 1-4%), N2 ( 0,5 - 3 %), CO (1%), dan H2S> Campuran gas ini mudah terbakar bila kandungan Ch4 ( Methana) melebihi 50 %.
Krisis energi yangdipacu naiknya harga minyak dunia tak pelak turut menghimpit kehidupan masyarakat.Buruknya pengaruh  pembakaran BBM  ke lingkungan  juga menjadi faktor pendorong  pencarian dan pengembangan  energi alternatif non BBM.
Teknologi Biogas sudah cukup mapan dan terbukti dapat memproduksi energi non BBM yang sekaligus ramah lingkungan.biogas termasuk teknologi yang memiliki efisiensi tinggi tinggi dan ramah lingkungan karena residu proses biogas juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk berkualitas tinggi dan mengurangi efek rumah kaca.Dari sudut pandang itulah dapat disimpulkan bahwa teknologi biogas termasuk teknologi ramah lingkungan.
Prinsip Kerja Reaktor Biogas
Teknologi Biogas pada dasarnya memanfaatkan pencernakan yang dilakukan oleh bakteri methanogen yang produknya berupa gas methana ( CH4).Gas methana hasil pencernakan bakteri tersebut bisa mencapai 60 % dari keseluruhan gas hasil reaktor biogas sedang sisanya didominasi CO2.Bakteri ini bekerja dalam lingkungan yang tidak ada udara( anaerob ),sehingga proses ini juga disebut sebagai pencernaan anaerob.Keberhasilan proses pencernaan bergantung pada kelangsungan hidup bakteri methanogen di dalam reaktor, hingga beberapa kondisi yang perlu diciptakan adalah pH 6.5 sampai dengan pH 8 pada temperatur 35 derajad Celcius.




Share your views...

0 Respones to " "

Posting Komentar

©2011 Najih Andrianto. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Followers

Popular posts


© 2010 Najih Andrianto site's All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info